Masih Malas Menulis? Bacahlah 6 Kutipan dari Tokoh-tokoh berikut, Agar Semangat Menulismu Meningkat Lagi.

Setiap orang yang sedang menekuni dunia tulis-menulis, atau bahkan sedang menyelesaikan tugas kepenulisannya baik berupa tugas akhir, puisi, cerita pendek, atau pun karya ilmiah dan tulisan lainnya pasti pernah mengalami yang namanya rasa bosan, malas, dan kurang motivasi untuk menyelesaikan tugas kepenulisan tersebut. Bila teman-teman juga termasuk orang-orang yang mengalami hal-hal di atas, maka bacalah 6 kutipan inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal berikut agar semangat menulismu meningkat lagi.


1. A Wan Bong

Seringkali hal yang membuat kita malas menulis adalah kurangnya motivasi atau mood yang terus berubah-ubah. Walaupun begitu, kita harus cari cara agar tetap konsisten menulis dan berani untuk mengalahkan rasa malas dan setengah hati yang kita alami.


2. Kuntowijoyo

Pernahkah teman-teman menulis lalu mengirimkannya ke media online dan penerbit? Apakah karya teman-teman langsung diterima? Mungkin pernah diterima, tetapi mengalami proses yang panjang. Ada jatuh bangun sebelum karya diterima, bahkan ada penolakan. Seorang penulis tidak takut dengan yang namanya penolakan. Mereka terus menulis, menulis, dan menulis sampai berhasil. Maka itu, tetaplah menulis meskipun karya kita belum diterima.


3. Barbara

Aktivitas menulis dapat merangsang pemikiran kita. Meskipun teman-teman tidak bisa memikirkan ide untuk menulis, cobalah untuk tetap menulis mulai dari apa saja yang ada dalam pikiran teman-teman. Dengan sendirinya ide-ide itu akan datang, dan tanpa sadar teman-teman sudah menghasilkan sebuah karya, meskipun masih dalam tulisan-tulisan yang belum tertata dengan baik.


4. Pramoedya Ananta Toer 

Menulis adalah suatu pekerjaan yang mulia, karena menulis bekerja untuk keabadian. Pernahkah teman-teman membaca tulisan-tulisan para penulis yang telah tiada? Mengapa nama mereka masih tetap dikenang meskipun raganya telah berpulang? Karena mereka telah meninggalkan karya-karya mereka didunia. Maka itu, jangan bosan untuk menulis.


5. J. K. Rowling


Jika teman-teman tidak bisa menulis mengenai hal lain, cobalah untuk menuliskan pengalaman hidupmu sendiri. Menulislah sesuai apa yang kita rasakan, alami, atau mungkin apa yang kita amati dilingkungan sekitar. 

Dengan menuliskan kisah hidup kita, mungkin orang lain dapat belajar dari pengalam hidup yang kita bagikan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi orang baik yang membantu sesama lewat pemikiran-pemikiran kita.


6. Galen

Setiap kali kita berpikir, berimajinasi, dan mengamati segala hal yang terjadi pasti pernah terlintas ide-ide dalam isi kepala. Jika kita tidak menceritakan ide-ide itu kepada orang lain dalam bentuk tulisan, maka ide itu pun dengan sendirinya akan hilang. Imajinasi kita membutuhkan media untuk mewujudkan ide kita menjadi sesuatu yang nyata bagi orang lain. Gambar dan kata-kata bisa menjadi media yang dapat kita manfaatkan untuk menulis.

Nah, demikian 6 kutipan dari tokoh-tokoh inspiratif tentang pentingnya menulis. Mudah-mudahan kutipan-kutipan di atas bisa membuat teman-teman semangat lagi dalam berkarya.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog sederhana ini. SALAM!

Sumber: penulisgunung.id; www.idntimes.com

 

 

Post a Comment

0 Comments

Search This Blog

Daftar Isi