5 Hal Penting Tentang Senja Ini, Patut Kita Jadikan Inspirasi Dalam Hidup.

Apakah teman-teman pernah menyaksikan matahari terbenam? Atau yang kita sebut senja itu? Semua orang tentunya sangat mendambakan kesempatan menyaksikan senja.

Ada yang rela mendaki pegunungan hanya untuk sekedar melihat senja. Bahkan, ada juga yang rela menunggu di tepi pantai hingga larut malam.

Kehadiran senja menggambarkan suasana yang damai. Di kalangan anak muda, senja dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya romantis. Banyak pasangan yang rela menghabiskan waktu untuk sekedar melihat senja, meskipun hanya beberapa menit.

Namun, tahukah teman-teman bahwa senja juga seringkali dijadikan inspirasi bagi sebagian orang. Berikut ini ada 5 hal penting yang patut kita pelajari dari senja, yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.


1. Senja Melambangkan Keindahan dan Kebaikan

Senja dari Pantai Oepoli, 
Nusa Tenggara Timur
(sumber: instagram.com/zigitaninas)

Inspirasi pertama yang dapat kita pelajari dari senja adalah tentang keindahan dan kebaikan. Terkadang dalam hidup, sebagai manusia, kita mengumbar kebaikan yang kita berikan agar diketahui dunia.

Namun, sosok senja mengajarkan kita untuk tidak perlu menyuarakan keindahan dan kebaikan itu. Biarkanlah orang lain yang menilainya.


 2. Senja mengajarkan artinya melepaskan dengan ikhlas.

Destinasi Wisata Fatu Ike, 
Kifu - Amfoang Timur
(sumber: instagram.com/zigitaninas)

Melepaskan suatu hal yang telah membuat kita nyaman bukanlah hal yang mudah. Hal-hal itu tidak selalu tentang cinta. Bisa saja tentang pekerjaan, aktivitas kesukaan kita, atau bahkan benda-benda kesayangan kita. Untuk melepaskan semua itu dengan ikhlas, tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah.

Namun, senja memberikan kita pelajaran untuk melepaskan semua itu dengan ikhlas, seperti sang senja yang harus kehilangan siang untuk menjemput datangnya malam. Itulah salah satu pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari senja.


 3. Senja mengajarkan kita bahwa kehidupan memiliki batas waktu.

via pexels.com/henrik pfitzenmaier

Pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari senja adalah bahwa kehidupan juga memiliki batas waktu. Ada saatnya kita bekerja, ada saatnya juga kita bersantai menghabiskan sisa waktu yang sedikit ini. Senja ingin menyampaikan kepada kita, bahwa sebentar lagi waktu segera berpindah dari siang menuju malam. Karena itu, segeralah pulang dan berkumpullah dengan orang-orang tercinta.

Senja juga mengajarkan kita bahwa segala penderitaan, kesedihan, kegundahan hati, kebahagiaan, dan perjalanan kita pada hari itu akan segera berlalu.

Dan senja menyadarkan kita, bahwa pada akhirnya kita pun akan berpisah dan membiarkan semuanya itu berlalu.

Ada dua perpisahan yang bisa kita maknai. Pertama, adalah perpisahan untuk mempersiapkan diri dan kembali bertemu pada esok hari dengan semangat yang baru. Yang kedua, adalah perpisahan yang tak akan bisa mengembalikan kita bersama orang-orang tercinta, yaitu berpisah selamanya.


 4. Senja mengingatkan kita bahwa tak ada yang abadi.

Suasana sore hari di pantai Oepoli, 
Nusa Tenggara Timur
(via sabastaninas)

Dari sosok senja kita bisa belajar bahwa di dunia ini tak ada yang abadi. Segala hal tentunya akan berubah. Begitu juga dalam kehidupan.

Adakalanya, kita menikmati kebahagiaan. Namun, terkadang kita juga dihadapkan dengan berbagai musibah yang datang secara tiba-tiba. Senja mungkin ingin mengajarkan kita, bahwa dalam kehidupan ini tak ada yang pasti. Senja tentunya melukiskan semua itu dengan jelas.


5. Senja lambang dari keromantisan.

Senja di Pantai Fatu Ike, 
Amfoang Timur
(sumber: facebook.com/morrymeryadobe)

Realita kehidupan tidak pernah terlepas dari pengalaman yang ditaburi keromantisan dari para penghuninya. Keindahan senja menggambarkan kedamaian hati, cinta, dan kasih sayang.

Karya-karya sastra dari para penyair atau penulis hebat pun, seringkali terinspirasi dari sosok senja. Suasana keromantisan yang sederhana, namun dapat dinikmati oleh semua kalangan. Baik itu anak-anak, orang muda, bahkan orang tua sekalipun. Itulah senja, sosok yang dirindukan oleh semua kalangan.

Demikian 5 hal penting yang patut kita pelajari dari senja. Semoga bermanfaat. SALAM!

Referensi: www.laman24.com/

Post a Comment

25 Comments

  1. Mellow bacanya karena melarung abu papa saat senja...

    ReplyDelete
  2. Bikin ingat masa kecil, suka main di sawah yang habis di panen, ngejar capung yang banyak banget sampai gak kerasa udah senja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, banyak kenangan di masa kecil yang kalau diingat lagi bikin rindu. Terima kasih untuk komentarnya.

      Delete
  3. Wah sangat menarik sekali ya inspirasinya, apalagi yang suka traveling

    ReplyDelete
  4. I love senja dan tentunya sunset! Setuju sekali bahwa senja selalu mengingatkan kita bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Thanks ka sudah sharing

    ReplyDelete
  5. lima point ini mengingatkan pada kata-kata Achilles pada film TROY, "kita manusia begitu spesial, karena kita tidak abadi. Setiap saat akan menjadi kenangan di masa depan yang tidak mungkin terulang. Lalu kita akan berakhir dengan kematian, sehingga kita akan menghargai setiap momen kehidupan kita."

    ReplyDelete
  6. Kalau berbicara tentang keindahan alam sudah tidak bisa berkata-kata lagi. Apalagi kalau mengingat banyak nikmat Allah yang diberikan pasti bikin nangis. Harus banyak bersyukur. Thanks kak sudah diingatkan kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali sudah meluangkan waktu berkomentar di sini. Sya juga masih bnyak belajar dari tulisan di blog teman".

      Delete
  7. Aku paling suka menikmati sunset rasanya magical dan bikin suasana jadi romantis apalagi kalo sunset ya di pantai, ternyata banyak maknanya ya kak

    ReplyDelete
  8. Senja, selalu penuh dengan makna ya Kak. Senja terkadang bisa bikin mellow, sekaligus pertanda saatnya beristirahat dan melupakan semua lelah hari tersebut. Indahnya senja selalu jadi pemandangan yang patut disyukuri.

    ReplyDelete
  9. Aku jadi ingat bahwa senja kerap digambarkan dengan berbagai rasa dan asa ketika membaca novel. Beberapa kali membaca setting senja membuat hati ini ikut terasa berat dan mellow.
    Semoga "senja" kita berakhir indah dan husnul khotimah.

    ReplyDelete
  10. Dua hal yang terlintas di benak saya tentang senja adalah Twilight-nya Stephenie Meyer dan lagu Huang Hun dari Steve Chow. Nuansa nostalgia semua hihihi

    ReplyDelete
  11. sebagai orang yang antusias dengan fotografi, momen senja memang paling spesial. namun harus kontrol waktu, maghribnya jangan sampai lupa wkwkwk

    ReplyDelete
  12. senja juga mengajarkan untuk menerima kekurangan dan kelebihan. terkadang senja datang dengan indah, namun di beberapa kondisi cuaca ia datang dengan sisi lainnya. kopiiiii mana kopiiiii hahaha.

    ReplyDelete
  13. Senja, salah satu sumber inspirasi dalam berkarya.

    ReplyDelete

Search This Blog

Daftar Isi