Sudah Kenal Belum dengan Destinasi Wisata Fatu Ike? Batu Runcing yang Tertancap Kokoh di Dasar Laut Amfoang Timur.

Di desa Kifu, tepatnya kecamatan Amfoang Timur, terdapat salah satu tempat wisata bernama Fatu Ike, yang akhir-akhir ini semakin populer di kalangan anak muda.

Belum banyak para pecinta alam yang berani datang ke tempat ini. Karena itu, tempat ini bisa dikatakan masih sangat perawan. Pantainya masih sangat alami, indah, dan bersih. Tak ada sampah di sana. Deburan Ombak dapat kita dengar dengan jelas. Dan pada sore harinya, kita dapat menyaksikan senja yang begitu indah. Suatu keindahan yang dapat kita nikmati dalam beberapa menit.

Salah seorang wisatawan 
sedang menikmati keindahan Fatu Ike
(sumber: instagram.com/boypinto)

Mendengar nama Amfoang, barangkali yang teman-teman bayangkan adalah sebuah daerah yang terisolir, kurang memadainya fasilitas pendukung, baik itu jalan yang buruk, atau masalah penerangan, serta jaringan internet yang kadang-kadang hilang muncul.

Namun, ada hal-hal yang belum teman-teman ketahui dari Amfoang. Di balik kekurangannya itu, daerah Amfoang menyembunyikan tempat-tempat wisata nan indah berkelas dunia. Salah satunya adalah Pantai Fatu Ike di Amfoang Timur ini.

Di lansir dari suaraamfoang.com, Pantai Fatu Ike terletak di pinggiran jalan raya Vetor Kameo, Desa Kifu, Kecamatan Amfoang Timur, tepatnya di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Timor Leste.

Fatu Ike adalah sebuah batu berbentuk runcing yang tertancap dengan kokoh di dasar laut. Nama Fatu Ike sendiri berasal dari dua suku kata dalam Bahasa Dawan yaitu; “Fatu” yang artinya “Batu”, dan “Ike/ikel” adalah alat pemintal benang dari kapas yang akan digunakan sebagai bahan menenun.

Pantai Fatu Ike pada saat ini, telah menjelma wisata lokal bagi masyakarat Amfoang Timur. Pantai ini sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar, baik itu pada akhir pekan atau pada waktu musim liburan tiba.

Ada juga yang sekedar mampir pada saat melakukan perjalanan, baik dari Oepoli menuju Lelogama, Amfoang Selatan ataupun sebaliknya.

Keindahan pantai Fatu Ike pada sore hari
(sumber: instagram.com/densy_effi)

Berkunjung ke Amfoang Timur, tentunya merupakan pengalaman berkesan tersendiri bagi teman-teman. Ketika teman-teman berada di sana, teman-teman akan terkagum-kagum dengan keindahan pantai di wisata alam Fatu Ike ini. Jadi, apabila teman-teman ada kesempatan, jangan lupa berkunjung ke Amfoang Timur.

 

 

Post a Comment

0 Comments

Search This Blog

Daftar Isi